Pusat Studi UMKM UBL Gelar Penyuluhan Pengembangan Produk Unggulan Ikan Asin di Desa Maja


Pusat Studi UMKM UBL Gelar Penyuluhan Pengembangan Produk Unggulan Ikan Asin di Desa Maja

MEDIAANDALAS.COM, BANDAR LAMPUNG – Pusat Studi UMKM Universitas Bandar Lampung melaksanakan salah satu kegiatan tridarma perguruan tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan PKM ini Dilakukan penyuluhan pengembangan produk unggulan ikan asin di desa maja kecamatan kalianda, Rabu (27/12/2023).

Sambutan pertama oleh Arlizon. SH selaku Kepala Desa Maja diharapkan Kegiatan ini dapat memberikan wawasan terhadap pengembangan produk unggulan di desa maja. Selain itu sambutan dari Kepala Pusat Studi UMKM UBL Dr. Lukmanul Hakim., SH., MH. Menjelaskan kegiatan ini adalah salah satu kegiatan positif yang sangat baik terutama dalam meningkatkan pengetahuan kewirausahaan dan pengembangan produk unggulan ikan asin di desa maja.

Dalam pelaksanaan kegiatan PKM menghadirkan dua nara sumber dari Pusat Studi UMKM UBL yaitu; Irsandi., SAB., M.Si dan M. Ardiansyah, SAP, M.Si Akademisi UBL.

Menurut sandi, saat ini dalam pengembangan produk perlu melihat aspek kemasan atau packaging.

“Kemasan adalah hal yang paling penting karena dengan adanya kemasan yang baik maka konsumen akan lebih tertarik,” ujar sandi.

Karena itu lanjut sandi, kita perlu meningkatkan pemahaman untuk scale up kemasan produk supaya produk unggulan ini bisa menjadi produk yang lebih bermanfaat.

Sementara itu, ardiansyah, menyoroti perlu adanya pemahaman kewirausahaan terutama pendidikan kewirausahaan bagi UMKM.

Menurut Ardi, UMKM memberikan sumbangan PDB terbesar di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Ardi juga menyampaikan dengan berwirausaha, bahwa dengan pemikiran kecil dan dengan inovasi untuk membuat perubahan besar khususnya meningkatkan perekonomian rumah tangga dan meningkatkan ekonomi daerah khususnya di desa maja,” ujar Ardi.

[Mediaandalas.com/Red]

Berita Terkait

Top