Selayang Pandang Ketua PW GNPK-RI Jabar dalam Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia 2023


Selayang Pandang Ketua PW GNPK-RI Jabar dalam Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia 2023 Selayang Pandang Ketua PW GNPK-RI Jabar dalam Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia 2023

MEDIAANDALAS.COM, JABAR – Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pada tanggal 9 Desember 2023 adalah merupakan Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (HAKORDIA) yang pada setiap tanggal 9 Desember kita peringati bersama.

Peringatan HAKORDIA ini memiliki tujuan yang antara lain untuk mengedukasi atau mendidik dan menyadarkan masyarakat tentang bahayanya masalah korupsi yang dapat merusak pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat sedunia.

Permasalahan korupsi menjadi fenomena yang memiliki daya rusak yang luar biasa karena merupakan salah satu kejahatan luar biasa yang dihadapi di sejumlah negara termasuk Indonesia.

Ketua PW GNPK-RI Jabar  Momentum Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia 2023
Ketua PW GNPK-RI Jabar Momentum Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia 2023

“Bukan saja merugikan keuangan negara, perilaku korup juga membahayakan pembangunan sosial, ekonomi, bahkan berpotensi melemahkan institusi demokrasi dan supremasi hukum yang harus kita lawan bersama.” Tegasnya.

“Dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) ini perlu diwaspadai bahwa korupsi menjadi masalah bernegara yang serius karena korupsi menjadi duri dalam daging dalam upaya negara menyejahterakan rakyat dan membangun perekonomian di dalamnya.” Seru Abah Nana, Ketua GNPK-RI Jabar dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (09/12/23).

Di lain pihak kesadaran antikorupsi tumbuh secara bertahap. Dalam konteks sebuah negara, korupsi sering diistilahkan dengan ungkapan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime).

Sementara dalam konteks internasional, korupsi menjadi kejahatan lintas-negara (transnational border crime). Sejalan dengan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 ini adalah “Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju”.

Ketua PW GNPK-RI Jabar Nana Supriatna Hadiwinata
Ketua PW GNPK-RI Jabar Nana Supriatna Hadiwinata

Peringatan HAKORDIA ini ditetapkan oleh PBB sejak tahun 2003 silam

Dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia yang ke 20 ini, kita Ormas GNPK-RI ingin mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi secara khusus, dan hal ini tidak tidak bisa dilakukan sendiri sendiri baik oleh Penegak Hukum maupun oleh Sekelompok masyarakat saja, karena Pemberantasan Korupsi adalah merupakan tanggung jawab kita bersama seluruh elemen masyarakat.

“Saya selaku Ketua PW GNPK-RI Jawa Barat sangat berharap kepada Para Penegak Hukum dan Birokrat serta elemen masyarakat lainnya untuk bersama sama meningkatkan Sinergitas Pemberantasan Korupsi di NKRI.” Tegas Nana Supriatna Hadiwinata.

Oleh karena itu, lanjutnya, “Penegak Hukum dan Birokrat harus dapat bersinergi dengan elemen masyarakat lainnya, khususnya dengan para aktifis yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pro antikorupsi.”

“Kami GNPK- RI memandang bahwa semakin banyaknya korupsi di Indonesia karena masih lemahnya Penegak Hukum dalam Pencegahan Korupsi.” Tegas Abah Nana sapaan akrab Ketua PW GNPK-RI Jabar ini.

“Untuk itu kami GNPK-RI sebuah Ormas yang fokus pada Pencegahan Korupsi, siap bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat bersatu padu dalam upaya pencegahan korupsi.” Himbaunya.

“Mari kita peringati HAKORDIA 2023 ini dengan penuh kesadaran masyarakat tentang bahayanya korupsi. GNPK-RI hadir untuk Negeri dan Salam Antikorupsi dari Jabar !! Wassalam, Bandung 9 Desember 2023. Ketua GNPK-RI Jawa Barat NS. HADIWINATA.” Tutup nya. [Edi].

Berita Terkait

Top