Lalu Erpin Astawidagda bersama Pengelingsir Tokoh Adat Sasak Lendang Nangke Lotim dan Mataram: Pentingnya Melestarikan Budaya Nusantara


Lalu Erpin Astawidagda bersama Pengelingsir Tokoh Adat Sasak Lendang Nangke Lotim dan Mataram: Pentingnya Melestarikan Budaya Nusantara Lalu Erpin Astawidagda bersama Pengelingsir Tokoh Adat Sasak Lendang Nangke Lotim dan Mataram: Pentingnya Melestarikan Budaya Nusantara

MEDIAANDALAS.COM, LOMBOK BARAT – Di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi semakin canggih, kemudahan akses informasi ikut serta membawa perubahan terhadap kebudayaan manusia.

Manusia saat ini berbondong-bondong meninggalkan gaya hidup “kolot” menuju gaya hidup modern, sehingga budaya-budaya warisan leluhur mulai terkikis oleh zaman. Tak terkecuali di Indonesia.

Dalam menyikapi perkembangan zaman, Lalu Erpin Astawidagda Caleg DPR RI Partai Hanura Dapil NTB II bersilaturahmi kepada Para Pengelingsir Tokoh Adat Budaya Sasak Lendang Nangke Lombok Timur dan Mataram di Mavilla Bajur Lombok Barat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dalam Rangka Melestarikan Keragaman Adat Budaya di Indonesia. Senin (27/11/23).

Lalu Erpin menyampaikan dalam acara tersebut bahwa “Masyarakat Indonesia saat ini banyak dipengaruhi oleh budaya-budaya barat, sehingga sudah jarang ditemukan budaya-budaya nusantara warisan leluhur yang masih terjaga dengan baik oleh generasi penerusnya, sebab lebih tertarik pada budaya barat.”

 

Lalu Erpin Astawidagda: Pentingnya Melestarikan Budaya Nusantara
Lalu Erpin Astawidagda: Pentingnya Melestarikan Budaya Nusantara

Menutut Lalu Erpin Astawidagda, Idonesia patut mencontoh salah satu negara di Asia yakni Jepang. Jepang adalah negara maju yang terkenal dengan kemajuan teknologinya. Namun, masyarakat jepang masih menjunjung tinggi nilai-nilai budayanya.

Dalam acara siliturahmi tersebut, Caleg DPR RI Partai Hanura menuturkan, Indonesia adalah negara kepulauan yang juga dikenal sebagai Nusantara. Negara yang kaya akan budaya, bahasa, tradisi, suku, ras dan agama, banyak perbedaan namun tetap satu sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yaitu “berbeda-beda tetapi tetap satu jua”.

Lanjut Lalu Erpin, “Dengan kebudayaan yang beragam, patutlah generasi muda Bangsa Indonesia merasa bangga sehingga timbul rasa cinta untuk menjaga dan melestarikannya.”

“Mengapa kita harus melestarikan kebudayaan daerah ?

Budaya daerah adalah warisan leluhur kita. Ada banyak kebudayaan Nusantara yang patut dilestarikan diantaranya adalah Budaya Sasak Lendang Nangke Lombok Timur dan Mataram dan lain-lain.” Imbuhnya.

Budaya Nusantara telah menjadi magnet bagi para wisatawan mancanegara karena keunikannya. Bali adalah salah satu daerah yang masih melestarikan kearifan lokal diera globalisasi saat ini dan menjadi tujuan wisata para turis mancanegara maupun domestik.

Berikut beberapa poin penting mengapa kita harus mempertahankan kebudayaan nusantara:

1. Budaya Nusantara merupakan warisan leluhur yang tak ternilai harganya
2. Budaya Nusantara sebagai identitas Bangsa Indonesia
3. Sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap leluhur
4. Budaya Nusantara yang unik membuat Bangsa Indonesia dikenal oleh negara-negara lain sebagai negara yang kaya akan budaya dan tradisi
5. Menjadi wisata budaya bagi turis mancanegara maupun domestik

Bagaimana kita harus melestarikan Budaya Nusantara ?

Ada begitu banyak hal yang membuat Budaya Nusantara patut untuk dilestarikan seperti yang telah dijelaskan di atas. Generasi muda harus mempunyai rasa cinta dan upaya untuk melestarikan kebudayaan nusantara, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengenal dan mempelajari budaya lokal
2. Memperkenalkan budaya lokal kepada orang lain
3. Memanfaatkan media sosial sebagai media untuk promosi budaya
4. Aktif dalam mengikuti kegiatan kebudayaan
5. Memasarkan produk hasil kesenian sampai ke mancanegara

Ada begitu banyak cara untuk menjaga Budaya Nusantara agar tetap lestari dan dikenal oleh generasi selanjutnya. Namun yang terpenting adalah Para generasi muda harus punya rasa cinta terhadap Budaya Nusantara.

Dengan adanya rasa cinta, maka akan timbul sikap untuk menjaga kebudayaan tersebut. Globalisasi adalah tantangan terbesar yang dihadapi oleh generasi penerus bangsa saat ini dalam hal melestarikan Budaya Nusantara.

“Oleh sebab itu, marilah kita sama-sama menjaga kebudayaan itu sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kita terhadap leluhur.” Tutup Lalu Erpin Astawidagda. [Lalu Dika Wirakesuma].

Berita Terkait

Top