Advokat Surjono Berpesan Kepada Para Cawapres 2024, Pancasila Sebagai Landasan Keadilan Sosial


Advokat Surjono Berpesan Kepada Para Cawapres 2024, Pancasila Sebagai Landasan Keadilan Sosial Advokat Surjono Berpesan Kepada Para Cawapres 2024, Pancasila Sebagai Landasan Keadilan Sosial
Law Firm "Surjo & Partners": Hari Pahlawan dan Pentingnya Penegakan Hukum di Indonesia
Law Firm “Surjo & Partners”: Hari Pahlawan dan Pentingnya Penegakan Hukum di Indonesia

MEDIAANDALAS.COM, KOTA MALANG – Adil mengandung arti bahwa suatu keputusan dan tindakan didasarkan atas norma-norma objektif. Keadilan pada dasarnya adalah suatu konsep yang relatif, setiap orang tidak sama, adil menurut yang satu belum tentu adil bagi yang lainnya.

Keadilan berasal dari kata adil, menurut Kamus Bahasa Indonesia adil adalah tidak sewenang-wenang, tidak memihak, tidak berat sebelah.

Di Indonesia keadilan digambarkan dalam Pancasila sebagai dasar negara, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Law Firm "Surjo & Partners"
Advokat H. Surjono, S.H, M.H.

“Pancasila, sebagai dasar negara Indonesia, telah menjadi pijakan utama dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu pilar yang menjadi landasan Pancasila adalah keadilan sosial.” Ujar Advokat H. Surjono, S.H, M.H. Minggu (26/11/23).

“Konsep keadilan sosial dalam Pancasila menunjukkan pentingnya kesetaraan, kesejahteraan, dan perlindungan terhadap seluruh rakyat Indonesia.” Tuturnya.

Lanjut Advokat H. Surjono, S.H, M.H, “Pancasila mengajarkan bahwa semua warga negara Indonesia memiliki hak yang sama dan layak untuk merasakan keadilan sosial.”

“Jadi, prinsip-prinsip Pancasila, seperti gotong royong, adil, dan demokratis, menjadi dasar dalam menciptakan kondisi sosial yang merata dan adil bagi seluruh lapisan masyarakat.” Imbuhnya.

“Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia mengandung nilai-nilai yang luhur. Sila kelima merupakan pengkhususan dari sila-sila yang mendahuluinya.” Urai Advokat Senior Kota Malang menjelasakan.

“Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia mempunyai makna bahwa seluruh rakyat Indonesia berhak mendapatkan keadilan baik dalam bidang hukum, ekonomi, politik dan kebudayaan sehingga terciptanya masyarakat yang adil dan makmur.” Terang Advokat H. Surjono, S.H, M.H

Perwujudan dari sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia diwujudkan melalui kegiatan sehari-hari yang dilakukan masyarakat.

LAW FIRM “SURJO & PARTNERS”: Songsong Hari Sumpah Pemuda dalam Pemilu Damai 2024, Kenali Fungsi dan Tujuan Konstitusi Bagi Suatu Negara
LAW FIRM “SURJO & PARTNERS”: Songsong Hari Sumpah Pemuda dalam Pemilu Damai 2024, Kenali Fungsi dan Tujuan Konstitusi Bagi Suatu Negara

Pancasila sebagai landasan keadilan sosial juga mendorong adanya distribusi sumber daya yang merata. Kesenjangan sosial dan ekonomi menjadi salah satu tantangan dalam menciptakan keadilan sosial.

Dalam rangka memperkuat peran Pancasila sebagai landasan keadilan sosial, Advokat H. Surjono, S.H, M.H menyampaikan kita semua sebagai bagian dari kehidupan berbangsa perlu terus mengedukasi masyarakat tentang sikap setiap warga harus mengembangkan sikap kekeluargaan, kerjasama, kerja keras, peduli sesama, dan adil terhadap sesama warganya.

Selain itu, kata keadilan juga terkandung dalam Undang-undang Dasar 1945, selain dalam Pembukaan juga terdapat dalam Pasal 27 ayat (1) yang berbunyi Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya dan Pasal 28D ayat (1) berbunyi Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum serta Pasal 28J ayat (1) yang berbunyi Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. [Nancy].

Berita Terkait

Top